Recents in Beach

Android 8.0 Oreo: 11 Fitur Baru yang Bikin Android Oreo Tambah Manis

Google

Android terbaru versi 8.0 akhirnya resmi dirilis, berbarengan dengan gerhana matahari, namanya Android Oreo. Oreo mencakup banyak fitur baru untuk berbagai macam perangkat. Hari ini kita akan menyebutkan 10 fitur yang paling baru yang bikin Oreo tambah manis dan edap dinikmati. Termasuk beberapa modifikasi paling dasar (tapi penting) - seperti masa pakai baterai yang lebih lama, dan Ambient Screen.


11. Notification Dots

Notification Dots berperan sebagai pusat notifikasi, jadi bagi kamu yang merasa notifikasi didalam aplikasi masih kurang, Android 8.0 menghadirkan fitur ini. Nantinya akan terdapat titik pada aplikasi yang meberitahukan bahwa kamu mendapatkan pesan atau update terbaru. Warna titik dipilih secara otomatis, diambil dari ikon aplikasi.

SlashGear


10. Adapative Icons

Produsen ponsel nantinya dapat memilih salah satu dari beberapa bentuk ikon. Selain bentuk "persegi", ada juga latar belakang transparan, lingkaran, persegi panjang vertikal, atau persegi panjang horizontal. Ada juga pilihan untuk menambahkan efek "dog ear" pada bagian kanan atas icon bentuk persegi atau persegi panjang.

SlashGear

Dengan Adaptive Icons ini, diharapkan aplikasi Android akan memiliki tampilan yang sedikit lebih menarik. icons ini akan membuat perangkat Android terlihat sedikit lebih solid.

9. Emoji baru

Mungkin kamu bukan tipe orang yang emosional dengan gambar kecil mungil, tapi tetap saja kemampuan untuk mendapatkan Emoji baru membuat akitivitas mengirim pesan menjadi lebih semarak. Pembaruan ini akan memberi pengguna akses ke kumpulan Emoji baru.

SlashGear

8. In-App Shortcut Pinning

Pengembang dapat mengaktifkan fitur yang memungkinkan pengguna mengaktifkan "pin" halaman unik pada sebuah aplikasi agar nanti dapat di akses. Misalnya di aplikasi chat WhatsApp, kamu bisa menempelkan shortcut ke dialog obrolan dengan selingkuhan kamu supaya kamu nantinya bis aakses lebih mudah. Shortcut ini akan disematkan ke launcher pengguna, tampil layaknya sebuah aplikasi.

DroidView


7. Wi-Fi Settings

Pembaruan ini membawa perbaikan khusus untuk proses dan pilihan mode Wi-Fi di dalamnya. Termasuk item berikut, seperti yang tercantum oleh Google:

• Peningkatan stabilitas dan keandalan.
• UI yang lebih mudah dibaca secara intuitif.
• Menu Preferensi Wi-Fi tunggal dan terkonsolidasi.
• Pada perangkat yang kompatibel, aktivasi Wi-Fi otomatis saat jaringan dengan kualitas tinggi terdeteksi.

6. Font yang dapat didownload

Tambahan fitur "Font yang dapat di download" bukanlah font gratis yang dapat digunakan semaunya, tapi merupakan fitur yang memungkinkan pengembang merilis aplikasi mereka tanpa font default Android. Download font nantinya dapat digunakan oleh aplikasi dari penyedia layanan bersama dan library pendukung.

Layout editor
developer android

Ini juga bekerja untuk emoji, yang juga bisa didownload dan dimuat dengan cepat. Font juga merupakan tipe yang didukung sepenuhnya, yang memungkinkannya didefinisikan dalam format XML dan digunakan dalam tata letak XML.

5. Extended Battery Life # 1

Dengan fitur background location limits, aplikasi yang aktif di background akan mendapatkan pembaruan lokasi "lebih jarang" dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Ini mencakup layanan Google Play - dan semua aplikasi lain yang meminta pembaruan lokasi. Hal ini akan menghemat baterai cukup signifikan

pcworld

4. Extended Battery Life # 2

Sementara beberapa pengoptimalan telah dilakukan pada Android 8.0 Oreo untuk memperpanjang masa pakai baterai, Background execution Limits mungkin salah satu fitur paling penting. Aplikasi latar belakang yang berjalan sekarang memiliki "batasan tentang seberapa bebas mereka dapat mengakses layanan latar belakang."

Image result for Ambient Screen android 8
Android Central

Pembatasan aplikasi aktif ditambahkan dengan adanya fitur Background Execution Limits yang ada di Android Oreo secara default. Pengguna yang menggunakan Nougat juga dapat mengaktifkan pembatasan ini secara manual di Settings. Aplikasi mungkin masih bekerja di latar belakang dengan menggunakan "JobScheduler jobs", namun pengguna harus paham benar fitur ini sbelum mengaktifkannya

3. Ambient Screen

Dengan Ambient Screen, pengguna akan melihat notifikasi masuk untuk aplikasi tertentu. Notifikasi ini akan memiliki font yang lebih besar dari biasanya dengan nama aplikasi dan akses cepat yang memungkinkan pengguna segera merespons.

2. Wide Color Gamut

Gambar di bawah ini akan tampak seperti warna oranye (atau merah, tergantung pada apa yang dipikirkan otak kamu), kecuali jika kamu memiliki layar dengan fitur DCI-P3 Wide Color Gamut. Jika kamu memiliki layar Wide Gamut, kamu akan melihat bentuk di dalam kotak. Jika kamu dapat melihat bentuknya, perangkat perangkat kamu dapat memanfaatkan akses baru Android Oreo ke aplikasi warna Wide Gamut.

Anandtech

Aplikasi dapat menampilkan gambar gamut yang lebar dengan flag yang terdapat didalamya. Setelah aktif, aplikasi ini dapat memuat gambar dengan profil warna lebar yang disematkan di dalamnya. Profil yang didukung oleh Android Oreo meliputi AdobeRGB, Pro Photo RGB, DCI-P3, dan banyak lagi.


1. Rescue Party

Fitur baru Android 8.0 Oreo ini pada dasarnya aktif ketika komponen yang berada dalam sistem macet dan menyebabkan boot loop.

Itu sebabnya Google memperkenalkan Rescue Party. Android 8.0 menyertakan fitur yang Rescue Party saat melihat komponen sistem inti tidak dapat berkerja dan menyebabkan boot loop. Rescue Party kemudian aktif melalui serangkaian tindakan untuk memulihkan ponsel yang gagal bekerja. Sebagai upaya terakhir, Rescue Party me-reboot perangkat ke mode recovery dan meminta pengguna untuk melakukan reset pabrik."

Image result for Rescue Party android 8
gadgethacks

Begitu masalah terdeteksi, Rescue Party akan mengaktifkan dirinya sendiri, meningkat ke tingkat penyelamatan berikutnya jika tidak terselesaikan. Setiap tingkat akan memakan waktu hingga lima menit, dan harapannya adalah bahwa ponsel dapat dapat digunakan kembali dan tidak perlu bantuan operator atau service center. Rescue Party aktif secara default di Android 8.0 Oreo, dan tidak diperlukan dukungan perangkat keras khusus.

Rescue Party dihidupkan secara default di Android 8.0 Oreo, dan tidak diperlukan dukungan perangkat keras khusus.


Jadi Kapan dong Saya Dapat update Android Oreo?

Kamu tidak menggunakan ponsel Pixel atau Nexus dan ingin tahu kapan ponsel kamu mendapatkan Android Oreo? Menurut Google, bisa jadi sebelum akhir 2017. Google mencantumkan beberapa vendor yang berkerja sama dengan mereka agar Android Oreo siap dikirim sesegera mungkin.

Postingan blog dari Google menyatakan bahwa "pada akhir tahun ini," vendor ponsel besar termasuk Essential, Nokia (HMD), Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony semuanya "dijadwalkan" secepatnya mengupdate Android Oreo. Dengan kata lain, ada kemungkinan bahwa ponsel berikutnya yang tiba tahun ini akan diluncurkan dengan Android Oreo (LG V30, Galaxy Note 8), namun ada juga kemungkinan ponsel seri lainnya yang lebih dulu hadir akan merasakan Oreo pada akhir 2017.

Post a Comment

0 Comments