Recents in Beach

Nah Ini yang Bikin Google Images Jauh Lebih Canggih dari pada Flickr?

"Lifehacker via Google Images"

Web nirlaba seperti Lifehacker, saat membutuhkan gambar untuk posting, mereka tidak bisa hanya melakukan pencarian gambar di Google dan mengambilnya. Lifehacker harus menggunakan foto dengan lisensi yang benar. Terkadang mereka menggunakan foto asli sendiri, terkadang membeli gambar dari Getty, terkadang jutaan foto Flickr berlisensi untuk penggunaan gratis melalui metode Creative Commons.

Namun sejak tahun 2014, Google Images juga membiarkan pengguna menyaring foto dengan lisensi. Dan tidak seperti Flickr, Google Images menggunakan algoritma pencarian paling canggih di planet ini. Jadi bisa disimpulkan betapa hebatnya Google Images dibanding Flickr.

Untuk posting baru-baru ini, Lifehacker membutuhkan foto handuk tangan. Mencari "handuk tangan " di Flickr menghasilkan banyak tangan di dekat dan di sekitar handuk, ditambah screenshot game Second Life dan banyak gambar sedikit porno. Flickr hanya tahu pengguna ingin konten tentang tangan dan handuk.


Lifehacker

Tapi Google menduga dengan lebih baik, dan menemukan handuk tangan yang lebih aktual, seperti gambar diatas. Flickr tahu itu gambar handuk, tapi tidak bisa mengenali bagian "tangan", karena kata itu tidak muncul di halaman utama gambar.

Algoritma AI Google mungkin telah benar-benar mengenali gambar ini adalah handuk tangan, atau mungkin Google hanya tahu bahwa situs lain telah menghubungkan atau menyematkan gambar dengan frase yang relevan. Bagaimanapun juga, Google menggali sebuah gambar yang tidak secara eksplisit diberi label, tapi persis seperti yang di butuhkan.

Jadi untuk penelusuran gambar yang rumit, Anda disarankan utak-atik menu "Tools" Google sebelum mencoba mencarinya di sistem pencarian. Google Images akan memfilter gambar berdasarkan ukuran, warna, frekuensi, lisensi, atau bahkan memilih foto, wajah, gambar garis, animasi, atau clip art.

Jika Anda menelusuri gambar berdasarkan lisensi, Anda masih perlu mengeklik dari hasil Google ke laman orisinal gambar, untuk mengonfirmasi lisensi dan mengikuti batasan, seperti memberi atribusi. Google memang hebat, tapi tidak sempurna, dan Anda tidak bisa menyalahkannya saat seseorang mendatangi Anda karena menggunakan foto mereka tanpa mengikuti peraturan.

Post a Comment

0 Comments