Recents in Beach

Review F1 2017

GT Planet

Sudah setahun berlalu dan Codemasters kembali dengan penerus game F1, F1 2017. Kembalinya mobil balap F1 klasik merupakan salah satu unggulan game iniu serta dan pembaruan mode karir. Bagaimana game ini dibandingkan dengan F1 2016? Apakah mampu bertahan ditengah terjangan game sejenis yang akan hadir akhir tahun ini? GT Planet me-review tuntas F1 2017 dan memastikan apakah game ini layak dimiliki atau tidak.


Konten dan Value For Money – ⭐⭐⭐


Sejak awal, F1 2017 nampak seperti perubahan besar dibanding seri sebelumnya. Ada banyak hal yang membuatnya seperti itu, mulai dari konten dan gameplay. Terdapat banyak mode yang ditawarkan: Career, Grand Prix, Multiplayer, Time Trial, Event dan Championships.

Mode Championships memliki tidak kurang dari 20 seri berbeda, mulai Tour Double-Header yang menampilkan Sprint Race dan Feature Race di setiap babak, sampai ke Classic Street Series yang mencakup grid kejuaraan reverse. Kamu bisa menghabiskan berjam-jam dalam mode ini sendiri. Kamu juga bisa mengulang event Invitational yang kamu ikuti sepanjang karir F1 dalam mode ini.

Mobil F1 klasik kembali hadir dari game F1 2013. Terdapat dua belas mobil, mulai dari McLaren MP4/6 hingga Red Bull RB6 2010. Mobil-mobil klasik juga dapat digunakan untuk balapan dalam berbagai mode. Buat kejuaraan kustom dalam mode Grand Prix, dapatkan beberapa tantangan sepanjang karir, atau sekedar balpan ringan di mode Time Trial.

GT Planet


Balapan menggunakan mobil klasik dalam mode Grand Prix adalah sebuah kesenangan tersendiri. Kamu bisa memilih single class, multi class atau spec racing. Balapan multi class merupakan impian para penggemar F1. Seperti balapan Le Mans dengan mobil F1. Mobil-mobil dibagi menjadi dua kelas: "C1" untuk mesin yang lebih baru dan lebih cepat dan "C2" untuk mobil yang lebih tua. 

Mengemudi 2008 McLaren MP4-23 bersama dengan mobil balap F! dari tahun 1990an adalah pengalaman yang benar-benar unik. Bukan hanya satu balapan saja, kamu bisa menciptakan keseluruhan musim terdiri dari 24 kejuaraan lengkap dengan sesi latihan dan kualifikasi penuh.

Empat sirkuit baru yang ditawarkan adalah tambahan yang disambut baik. Ini adalah versi pendek dari Inggris, Bahrain, Jepang dan Amerika Serikat. Penggemar Gran Turismo akan mengenali versi pendek Sirkuit Suzuka di Jepang sebagai "Suzuka East Course"! Setiap trek dapat dialami dalam kondisi kering atau basah, malam ataupun siang.

Mode karir merupakan inti dari F1 2017. Setelah kamu memilih tim favoirt, saatnya menyiapkan struktur musim kamu. Kamu dapat mengatur banyak pilihan termasuk panjang setiap sesi dan berbagai tingkat simulasi. Fitur baru untuk tahun ini adalah pilihan tingkat kesulitan AI dengan penambahan hingga 110 bukan tujuh seperti game tahun lalu.

GT Planet


Salah satu perbedaan F1 2017 dari game balap balap lainnya adalah Practice Programmes. Berpartisipasi dalam program ini memungkinkan kamu dan tim untuk siap untuk balapan. Ada lima program berbeda yang ditawarkan, masing-masing sama pentingnya dengan yang lain.

Semua program dari tahun lalu masih ada, dengan dua tambahan baru. Fuel Saving melatih gaya mengemudi untuk membantu kamu mengelola bahan bakar sepanjang lomba. Race Strategy membutuhkan balapan selama lima putaran, mensimulasikan kondisi balapan. Tim akan mengambil data dari program ini untuk merancang strategi lomba yang dipersonalisasi. 

GT Planet


Tidak ada game balap lainnya di pasaran yang menawarkan tingkat analisis driver dan umpan balik sedetail ini. Walaupun kamu tidak menyukai F1, perasaan bahwa kamu memiliki tim, menganalisis setiap gerakan kamu sehingga bisa membuat kamu membalap dengan tenang.

Diperkenalkannya Resource Points (RP) dan Research and Development (R&D) membuat smulasi game ini jauh lebih dalam. Hampir semua yang kamu lakukan di F1 2017 bisa mendapatkan RP. Poin ini kemudian bisa digunakan oleh bagian R&D untuk mengembangkan performa mobil. Poin-poin ini sangat berharga dan, selama satu musim sangat penting untuk memiliki performa mobil kencang untuk melawan persaingan.



Fitur Online – ⭐⭐⭐


Mode multiplayer di F1 2017 memiliki peningkatan cukup signifikan. Selain kamu bisa menciptakan keseluruhan kejuaraan online atau mengikuti balpan online, kamu juga bisa memperoleh XP yang berguna untuk meningkatkan level. Kamu juga dapat melihat statistik pembalap lain untuk melihat kelemahannya dan memenangkan balapan.

Mode Event pada saat di ujicoba sedang dalam perbaikan, jadi belum ada review-nya. Namun, mode ini sepertinya mirip dengan mode "Online Events" DiRT Rally. Tantangan baru diupload setiap minggunya agar setiap gamer bisa bersaing. Event mode membuat game ini tidak bosan dimainkan, bahkan berbulan-bulan setelah rilis.

Multiplayer mengakomodasi hingga 20 gamer di lobi private dan publik. Dua posisi penonton khusus mengisi sisa slot. Fitur penonton sangat menarik dan mungkin dimasa mendatang fiturnya akan ditambah. Bertindak sebagai pengawas balapan, gamer bisa memberlakukan peraturan saat sedang berlomba secara online seperti dalam balapan nyata.

Selain itu, spot dapat digunakan untuk komentar langsung, memberikan perasaan otentik untuk balap online. Gamer memiliki akses ke semua mobil tahun 2017 dan klasik di semua mode multiplayer.

GT Planet


Driving Physics and Handling – ⭐⭐⭐⭐


Dengan setir di tangan, game tahun ini berubah menjadi pengalaman yang berbeda. Mampu merasakan ban belakang tergelincir, atau perasaan understeer layaknya blapan nyata. Mobil F1 2017 memiliki tingkat grip yang luar biasa, terasa cepat, gesit tapi belum tentu mudah dikendalikan. 

Semua mobil dalam permainan - baik klasik maupun modern - adalah sensasi untuk dikendarai. Cengkeraman ekstra dari mobil 2017 berarti biasanya di tikungan tertentu kamu harus angkat gas, sekarang kamu bisa ngebut tekan gas rata. F1 2017 juga lebih bersahabat bagi yang menggunakan gamepad. Memang benar mobil 2017 lebih sulit dipulihkan saat bagian belakang kehilangan grip, tapi memang seperti itulah mobil F1 2017, tidak mentolerir kesalahan.

Dengan ABS dimatikan, rem terbukti lebih mudah dari yang diharapkan, terlepas kamu menggunakan gamepad atau setir. Menggunaan setir memiliki lebih banyak kebebasan dalam jumlah tekanan yang digunakan, sangat mudah untuk mengerem.

Mobil lebih mudah dikendalikasn saat cuaca cerah, tapi pada saat hujan kamu merasa grip perlahan berkurang. Bila tiba-tiba hujan deras dan kamu sedang menggunakan ban slick, panik melanda saat kamu pelan-pelan harus kembali ke pit untuk mengganti ban.

GT Planet


Graphics – ⭐⭐⭐


Tampilan visual F1 2017 tidak diragukan lagi, apalagi pada PC. Walaupun jika dibandingkan dengan game balap lainnya, F1 2017 secara visual masih kalah cantik. Tapi dengan setting maksimal pada PC, perbedaan visual antara game F1 tahun ini dan tahun lalu cukup jauh.

Palet warna game lebih hidup berkat sistem pencahayaan yang ditingkatkan. Cuaca dinamis membantu game ini seperti balapan sungguhan.

Perubahan langit yang dinamis saat awan hujan mulai bergulir yang menandakan hujan akan datang, membuat gamer dapat merasakan sensasi balap sesungguhnya. Jika beruntung, awan akan hilang dan memungkinkan gamer untuk melihat track dengan jelas.

Terdapat juga mode foto tapi hanya untuk versi PC. Jika memiliki PC yang cukup tinggi spesifikasinya, gamer bisa memotret hingga resolusi 4K.

F1 2017 berjalan dengan kecepatan 60fps dan sesekali bisa dirasakan lag. Pada PS4 tekstur tampak buram juka dilihat lebih dekat, sementara pada PC akan tampil sempurna.

Model karakter bisa dibilang cukup lumayan. Beberapa terlihat identik dengan pembalap sebenarnya - seperti Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg - sementara yang lainnya tampil seperti karikatur dari diri mereka sendiri.



Sound Design – ⭐⭐⭐⭐


Game buatan Codemasters jarang mengecewakan dalam hal desain suara dan game F1 tahun ini menjadi buktinya. Sementara mesin V6 modern tidak sebising formula 1 masa lalu, tapi tetap saja suarangnya enak didengarkan.

Lingkungan memainkan peran penting sesuai dengan raungan mesin yang memantul dari rintangan di dekatnya. Reverb menambahkan elemen lain untuk menikmati audio game. Tak ayal mobil zaman modern mungkin lebih senyap dibanding yang lain, tapi suaranya saat melintas adalah cerita lain. Seperti saat melewati terowongan di sirkuit dapat menghasilkan simfoni mesin yang indah.

Suara sekitar menambah efek realitis juga. Suara gemuruh penonton dan komentator yang menyampaikan informasi real-time membuat gamer makin betah.

Suara bising lainnya yang menambah efek realistis adalah kegagalan mekanis. Persaan kecewa saat mobil tiba-tiba mengalami kerusakan dan pelan-pelan melaju menuju pit stop.



Kesimpulan


Game F1 2017 yang diproduksi Codemasters merupakan game yang unik. Game ini bukan hanya ditujukan untuk penggemar berat F1, tapi dapat juga dinikmati oleh gamer yang menyukai game balap.

Beberapa gangguan teknis dan tekstur yang kurang halus tidak mengurangi keseluruhan pengalaman. Mobil Formula tahun 2017 terlihat, terasa dan terdengar sangat sempurna. Mobil F1 klasik merupakan bonus yang bagus dan mode karir baru adalah fitur yang wajib dimainkan.


F1 2017 ⭐⭐⭐⭐
Codemasters dengan jelas memahami olahraga motorsport jenis ini dan mampu mentransformasikan gameplay yang spektakuler dengan semua skenario layaknya balapan sungguhan. F1 2017 merupakan game balap yang paling lengkap fiturnya yang pernah dibuat Codemasters.
Konten dan Value For Money
Tidak perlu diragukan lagi: ini game F1 terbesar sampai saat ini. Terdapat cukup konten untuk membuat gamer sibuk sampai tahun depan.
Fitur Online
Fitur Private dan public lobbies menawarkan pilihan untuk komentar langsung, yang cukup berguna.
Driving Physics & Handling
Setiap mobil di F1 2017 terasa unik dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Semuanya menyenangkan untuk dikendarai.
Graphics
F1 2017 secara visual tampil mengesankan, walaupun tidak seindah game sejenis, tetap saja grafisnya memukau, apalagi dengan resolusi 4K.
Sound Design
Walaupun suara mesin F1 modern lebih senyap, mobil F1 lama menambahkan simfoni nostalgia ke game F1 2017.













Post a Comment

0 Comments