Recents in Beach

Review Uncharted: Lost Legacy, Grafis Ciamik, Cerita Keren, tapi..

Gamerspack


Review by Marty Sliva/IGN

Bagi yang ingin bermain Uncharted: The Lost Legacy, disarankan terlebih dahulu memainkan serial Uncharted sebelumnya. Karena bagi kamu yang baru saja memainkan Uncharted tidak dapat mengalami petualangan game ini sesungguhnya. Lost Legacy merupakan game terpisah dari seri Uncharted, yang bercerita setelah petualangan Uncharted 4, dikemas dengan pemandangan yang indah, aksi yang meneganggkan, dan karakter yang kuat seperti yang gamer harapkan dari seri game Uncharted. Tapi sayangnya bagi gamer yang akrab dengan serial Uncharted, Lost Legacy akan terasa sama dengan seri sebelumnya, kecuali memang cerita yang berbeda.

Gamer akan memiliki perasaan deja vu dengan hampir setiap adegan aksi petualangan enam jam ini. Setiap aksi baku tembak dengan senapan melawan penjahat paramiliter yang kejam, setiap dinding runtuh yang harus gamer lewati, dan setiap aksi di udara terasa sekali kemiripan dari game Uncharted sebelumnya. Rasanya seperti mengulangi permainan game aksi linier yang menegangkan, tapi tanpa elemen baru.

Comingsoon

Keuntungan mengulangi beberapa poin penting dari seri ini adalah Lost Legacy banyak memangkas sebagian dari aksi mekanika yang membosankan dari Uncharted 4. Misalnya, saat dalam aksi pembukaan di mana gamer harus mengulang salah satu aksi melompat ke platform dengan banyak peti yang membosankan dari seri Uncharted terakhir. 

Satu hal yang terasa segar adalah elemen teka-teki (puzzle) sesekali yang menghalangi perjalanan karaker kamu. Solusi dari puzzle ini sering kali dibutuhkan observasi terhadap dunia di sekitar gamer untuk mendapatkan petunjuk. Seperti sumber cahaya tertentu yang menghasilkan bayangan. Lost Legacy tahu benar cara memanjakan mata kamu ke detail terkecil, yang merupakan bukti seni, pencahayaan, dan kerja kamera sinematik.

Lost Legacy juga unggul dalam hal gameplay. Game ini dibumbui dengan aksi-aksi ikonik yang terasa seperti adegan film Hollywood. Seperti aksi mendebarkan saat bereklahi di sepanjang tepi bukit, hampir tidak bertahan dan akhirnya selamat dalam keadaan hidup.

Naughy Dog

Satu area gameplay di mana Lost Legacy mencoba untuk bereda dari seri sebelumnya adalah pada level kedua, di mana game ini beralih ke dunia semi open world dan gamer diberi ruang permainan terluas yang belum pernah ada dalam seri Uncharted. Tapi betapapun indahnya daerah ini, terasa sangat kosong bila menyangkut hal-hal yang bisa dilakukan, dan sedikit membosankan.

Peta dunia terbuka yang cantik ini mempromosikan eksplorasi dan keingintahuan, namun Uncharted tampaknya secara aktif menghilangkan bagian-bagian tertentu. seperti banyaknya lingkungan dengan permukaan yang tampak bisa ditanjak tapi ternyata tidak dapat dimanfaatkan. Tidak ada yang mengecewakan momentum kamu seperti saat berlari ke pilar yang kamu anggap bisa di raih, tapi ujung-ujungnya karakter kamu terbentur dengan canggung. Demikian juga, ada beberapa titik di Lost Legacy dimana karakter game sepertinya dapat melewati suatu rintangan dengan mudah hanya dengan melompat, namun jika kamu mencobanya, kamu akan mendapati karakter kamu mati tanpa alasan yang jelas. Dan terdapat puluhan pernak-pernik yang tersebar di seluruh wilayah, tapi sayangnya tidak ada reward saat gamer berhasil mengumpulkannya. Untuk sebuah game yang berkisah tentang sekelompok orang mencari harta karun, kamu mungkin akan kecewa karena akhir dari game karakter tidak mendapatkan apa-apa.

Escapitmagazine

Unsur utama yang terus mendorong gamer menamatkan petualangan adalah dinamika fantastis antara Chloe dan Nadine. Kamu akan menyukai bagaimana Naughty Dog mengambil kedua karakter ini dari seri lalu dan menempatkan mereka berhadapan satu sama lain. Menjelajahi latar belakang mereka, menemukan motivasi mereka, dan melihat mereka tumbuh merupakan pengalaman yang fantastis. Sungguh luar biasa bagaimana dua karakter ini menangani banyaknya bahaya tapi masih bisa menunjukkan selingan komedi ringan. 

Penjahat utama di Lost Legacy, di sisi lain seperti kurang greget. Walaupun Naughty Dog membuat karakter jahat ini tampil kejam, tapi sepertinya sedikit dipaksakan. Sebagian gamer mungkin lebih tertarik untuk menyaksikan bagaimana Chloe dan Nadine tumbuh sebagai karakter daripada konflik langsung dengan bos agen senjata ini.

Kesimpulan 

Uncharted: The Lost Legacy berhasil di sisi kekuatan protagonis, jalan cerita, dan penggambaran fenomenal hutan dan reruntuhan India. Berada bersama dengan Chloe dan Nadine melihat mereka beraksi  dan menjelajah dunia terbuka yang membosankan serta menghadapi teka-teki cerdas dan momen sinematik yang mendebarkan merupakan plus-minus Lost Legacy.

Sumber IGN




Post a Comment

0 Comments