Recents in Beach

Cara Mudah Download Musik dari YouTube dan Mentransfernya ke Perangkat Android



Banyak orang yang tidak berlangganan layanan streaming musik seperti Google Play Music atau Spotify mendengarkan dan menemukan lagu baru melalui YouTube. Di satu sisi, ini adalah pilihan bagus, tapi jauh dari ideal.

Salah satunya, layar perangkat kamu harus selalu dihidupkan agar audio dapat didengarkan, yang ujung-ujungnya menghabiskan masa pakai baterai. Selain itu menghabiskan banyak data, jadi kalau mau hemat harus memastikan terhubung ke jaringan Wi-Fi untuk menghindari pembelian data besar dari operator seluler.

Hal terbaik yang harus dilakukan hanyalah mendownload semua lagu di YouTube yang sangat kamu sukai melalui PC dan kemudian mentransfernya ke perangkat Android. Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan kedua hal yang telah disebutkan di atas. Web Android populer Android Authority mempunyai tutorialnya yang bisa kamu simak langkah demi langkah dibawah ini.


Apakah legal?

Sebelum kita menyelami secara spesifik bagaimana mendownload musik dari YouTube, pertama kita harus mencari tahu apakah itu legal atau tidak. Jawaban untuk pertanyaan itu adalah ya dan tidak. Jika kamu menghubungi pemegang hak cipta dan mendapatkan izin untuk mendownload lagu, kamu tidak perlu khawatir. Tapi jika tidak, itu secara teknis tidak legal meski semua orang melakukannya. Jika itu adalah artis indie atau sejenisnya, menghubungi mereka mungkin akan mendapatkan hasil, tapi jika itu adalah artis besar - semoga sukses.

Kamu harus mengerti bahwa artis yang memposting musik mereka di YouTube benar-benar menghasilkan uang dengan iklan yang biasa tampil di awal dan terkadang di tengah video. Jika kamu masih melakukannya, kamu dapat melihat petunjuk langkah demi langkah tentang cara mendownload musik dari YouTube di bawah ini. Dalam contoh yang digunakan, Android Authority telah mendownload audio dari salah satu video mereka sendiri.

Catatan: Terdapat situasi di mana proses ini legal (meski masih abu-abu, karena persyaratan layanan YouTube sendiri), dengan izin, namun seringkali tidak. Kami tidak membenarkan pembajakan, jadi jika kamu ingin mendownload tanpa persetujuan, ingatlah bahwa kamu melakukannya atas risiko kamu sendiri dan kami tidak mendukung perilaku ini.


Petunjuk langkah demi langkah


Langkah 1: Download aTube Catcher

Jadi kamu ingin belajar mendownload musik dari Youtube? Hal pertama yang Anda butuhkan adalah aplikasi yang memungkinkan kamu mendownload audio dari video YouTube. Ada banyak dari yang bisa dipilih namun untuk contoh ini, kami telah memilih salah satu yang terbaik, yakni aTube Catcher.

Proses download cukup mudah dan bisa selesai dalam satu atau dua menit. Cukup kunjungi situs web aTube Catcher, klik tombol "Download Now!" Yang terletak di sisi kanan layar, dan buka file "aTube_Catcher.exe" setelah diunduh ke komputer kamu.

Setelah itu, cukup ikuti petunjuk sederhana di layar komputer kamu dan buka programnya setelah terinstal.

aTube Catcher


Langkah 2: Cari dan download lagu

Langkah kedua adalah menemukan lagu yang kamu minati di YouTube dan mendownloadnya ke komputer, yang bisa dilakukan dengan dua cara. Saat mengaktifkan aTube, kamu akan melihat banyak pilihan berbeda termasuk "Screen capture", "Video Converter", dan sebagainya seperti gambar di bawah ini.



Dua pilihan yang harus dipilih adalah "Download Video" dan "Songs". Keduanya dijelaskan secara rinci di bawah ini.


Opsi "Download Video"

Jika memilih opsi ini, kamu harus menemukan lagu yang ingin di download di YouTube. Kemudian melalui YouTube, temukan lagu yang kamu sukai, dan salin alamat URL di bagian atas jendela browser kamu.



Setelah kamu menyalin URL, buka aTube Catcher lagi, dan tempelkan ke kotak "URL del Video". Setelah itu, pilih salah satu pilihan MP3 dari menu drop-down "Output profile", dan klik tombol "Download".



Cara mendownload musik dari YouTube

Hal berikutnya yang akan muncul di layar komputer kamu adalah pilihan untuk memilih salah satu format yang tersedia. Kamu pada dasarnya hanya memiliki tiga pilihan yaitu MP4, WebM, atau 3GPPP. Cukup pilih salah satu format MP4 dan klik download. Kamu dapat menemukan semua lagu yang telah di download di folder yang ditentukan saat menginstal aTube Catcher, yang selalu dapat kamu ubah.



Opsi "Music"

Pilihan kedua untuk mendownload lagu dari YouTube disebut Music. Hasil akhirnya pada dasarnya sama, tapi prosesnya sedikit lebih mudah. Alih-alih menuju ke YouTube, pada dasarnya kamu dapat mencari lagu melalui aTube Catcher. Cukup klik pada pilihan "Music", masukkan nama artis atau lagu ke dalam kotak "Hot Search", dan klik tombol "Find MP3!".



Daftar video/lagu akan muncul, dan kamu dapat mendengarkan dengan mengklik tombol Play di pojok kiri atas. Jika kamu menyukainya, cukup klik "Download Selected" dan pilih "Save" untuk mendownloadnya ke PC. Sebelum melakukannya, kamu juga memiliki pilihan untuk mengganti nama file, memilih folder yang akan disimpan serta bitrate.



Langkah 3: Mentransfer musik ke perangkat Android 

Jadi, setelah menginstal aTube Catcher dan mendownload sekumpulan lagu dari artis favorit ke PC, langkah selanjutnya dan terakhir adalah mentransfernya ke perangkat Android sehingga dapat didengarkan kapan dan dimana saja.

Ada lebih dari satu cara untuk melakukan hal ini. Misalnya kamu bisa mengupload lagu ke layanan seperti Google Drive dan kemudian mengunduhnya ke perangkat kamu melalui aplikasi Drive untuk Android.

Namun, cara terbaik dan tercepat untuk melakukannya, terutama jika kamu memiliki koleksi musik yang besar, adalah mentransfernya dengan bantuan kabel USB. Ini adalah proses yang sederhana, karena yang harus kamu lakukan adalah menyambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB, cari file musik di PC, lalu pilih dan seret ke folder "Music" di ponsel cerdas atau tablet kamu. Kamu bisa lihat bagaimana tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.



Setelah selesai, kamu dapat mengakses lagu dari pemutar musik yang telah dipasang di perangkat Android.

Jadi, begitulah, sekarang kamu tahu cara mendownload musik dari YouTube. Seperti yang bisa kamu lihat, mendownload musik dari YouTube dan kemudian mentransfernya ke perangkat Android bukanlah hal yang rumit. Yang kamu butuhkan adalah aplikasi yang tepat bersama dengan sedikit waktu dan kesabaran. Catat ya, tindakan ini adalah area abu-abu, jadi ingatlah itu.

Sumber: Android Authority

Post a Comment

0 Comments