Recents in Beach

Gigabyte GTX 1080 Mini Panjangnya Hanya 169mm, Solusi Gaming dengan Mini ITX



Lebih besar biasanya lebih baik bila menyangkut kartu grafis. Tapi seiring kesuksesan produk seperti AMD R9 Nano atau Asus Nvidia GTX 970 Mini, ada permintaan yang meningkat untuk kartu grafis performa tinggi yang tidak memerlukan casing besar. Sampai saat ini, VGA paling kuat dengan dimensi kecil adalah Zotac GeForce GTX 1080 Mini, yang panjangnya 211mm.

Gigabyte selangkah lebih maju dengan merilis Gigabyte GeForce GTX 1080 Mini ITX 8G, yang berukuran hanya 169mm. Cocok untuk motherboard mini ITX, yang ukuran paling tinggi sekitar 170mm. Banyak jenis case ITX baru, yang mencakup NFC S4 Mini yang populer, mengecilkan ukuran total layaknya konsol dengan membatasi panjang kartu grafis hingga panjang motherboard. Sementara Mini GTX 1080 milik Zotac secara teknis dapat digunakan pada case ITX tapi dengan modifikasi, maka Gigabyte GTX 1080 Mini benar-benar cocok dipasangkan pada casing mungil.



Yah, kurang lebih cocoklah, karena sistem pendingin masih harus menggeser panas dari TDP 180W GTX 1080, Gigabyte telah meningkatkan tinggi VGA-nya diatas tinggi PCIe standar menjadi 131mm. Itu bukan masalah pada sebagian besar case PC, namun ada beberapa casing yang tidak memungkinkan penambahan tinggi PCIe, jadi sebaiknya periksa dua kali sebelum membeli. Selain itu, Gigabyte GTX 1080 Mini seperti GTX 1080 lainnya, yang dilengkapi konektor daya 8-pin tunggal, memori GDDR5X 8GB (oleh Gigabyte di-overclock sampai 1010MHz), dan banyak kehebatan lainnya untuk menunjang bermain game.

Sedangkan untuk kecepatan clock, kartu tersebut memenuhi desain referensi Nvidia, sementara juga menampilkan mode OC yang menambahkan peningkatan kecil MHz dan boost clock, di 1632MHz dan 1771MHz. Demi menjaga VGA ini tetap dingin adalah kipas semi-pasif 90mm, yang mati saat idle, solusi pendinginan triple heat-pipe, dan fase daya 5+2. Mudah-mudahan, solusi pendinginan Gigabyte sudah cukup untuk mencegah GTX 1080 Mini dari throttling, seperti pendahulunya GTX 1070 Mini ITX dan 1060 Mini ITX.



Sementara Gigabyte GTX 1080 Mini saat ini merupakan kartu grafis tercepat yang bisa Anda beli dengan dimensi kecil, AMD juga memiliki versi mungil VGA-nya dalam seri RX Vega yang disebut Vega Nano. Tidak ada kabar kapan Vega Nano mulai dijual atau apakah akan mampu bersaing dengan GTX 1080 dalam faktor bentuk kecil mengingat TDP yang lebih tinggi, namun ini merupakan pilihan potensial bagi mereka yang tetap menjadi penggemar berat AMD.

Post a Comment

0 Comments