Recents in Beach

Layar Samsung Note 8 Terbaik di Dunia, Warna Akurat dan Kecerahan Hingga 1200 nits



Sudah lama DisplayMate melakukan review layar smartphone berbagai mereka. Sebelumnya merek amenguji layar S8 dan sekarang saatnya Note 8 dan hasilnya luarbiasa. Tapi yang paling mengejutkan adalah tingkat kecerahan 1.200 nits.

Panel AMOLED 2460x1440 18,5:9 24-bit yang baru di Note8 menggunakan teknologi OLED fleksibel-substrat dengan Gorilla Glass 5. Panel ini menggunakan matriks tipe PenTile untuk subpiksel, Samsung menyebutnya "Diamond Pixel" karena bentuknya seperti permata. Dengan bezels tipis menjadikannya sedikit lebih besar dari pada layar Note atau Galaxy phone lainnya. Tapi yang paling keren sejauh ini adalah tingkat kecerahan layarnya yang bisa mencapai maksimal 1.200 nits, 22% lebih terang dari Galaxy S8.

Layar Note 8 juga mendukung gamut warna lebih lebar, titik putih yang dapat disesuaikan dengan pengguna, akurasi warna yang ditingkatkan, sudut pandang yang membaik, perangkat keras baru yang berbasis pada fitur always-on, kontrol kecerahan otomatis yang lebih baik, mode penghematan daya yang lebih baik, dan disertifikasi untuk Mobile HDR Premium. Kalibrasi warna pada layarnya juga fantastis, dengan tingkat akurasi dan cakupan yang tinggi untuk masing-masing tiga warna yang didukung (sRGB, Adobe RGB, dan DCI-P3). Titik putih pada mode yang paling banyak dikalibrasi juga diatur agar mendekati 6500K.


Detail Warna

Detail warna hasilnya membingungkan, tapi itu bukan kesalahan Note 8. Meskipun layar ini memiliki gamut yang besar (dengan cakupan DCI-P3 112% dan sRGB 141%) dan akurasi warna yang bagus, tapi dikarenakan Note 8 menggunakan Nougat, warna apapun yang melintasi cakupan sRGB tidak akan berguna di sebagian besar aplikasi. Meskipun Android O akan memiliki dukungan warna lebih baik untuk gamut warna yang lebih luas, cakupan yang diperluas di sebagian besar aplikasi hanya menghasilkan warna dengan saturasi berlebihan, membuat sRGB hampir sama baiknya, namun ada beberapa pengecualian.



Warna pada layar Note 8 nampaknya saturasinya sedikit berlebihan, tapi hampir tidak berpengaruh banyak. Secara keseluruhan sepertinya kalibrasi yang akurat pada DCI-P3 (Cinema Screen Mode), Adobe RGB (Photo Color Mode), dan sRGB (Basic Screen Mode). Pada 500 lux akurasinya mencapai 91% untuk sRGB dan hasil tersebut cukup bagus. Selama pengguna mengatur mode yang tepat untuk konten tertentu hasilnya adalah warna yang akurat.

Note 8 juga dilengkapi dengan Adaptive Display Screen Mode yang secara dinamis menyesuaikan tampilan berdasarkan konten, yang dapat menekan tingkat saturasi warna yang luar biasa. Note 8 juga memiliki Blue Light Filter dan ini bukan lapisan tambahan. Artinya saat Anda mengaktifkan fitur ini di malam hari, layar tidak menjadi lebih cerah untuk membuat warna lebih hangat, dan tidak ada warna abu-abu melainkan hitam.

Nilai titik putih juga cukup bagus dan sangat mendekati 6500K pada masing-masing mode yang dikonfigurasi secara keseluruhan. Dalam mode adaptif, Anda hanya bisa mengaturnya menjadi antara 6.800K dan 8.800K.


Konsumsi Daya dan Viewing Angle

Note 8 memiliki tiga Mode Penghematan Daya yang dapat disesuaikan untuk mengurangi daya dengan menurunkan kecerahan dan mengubah warna latar belakang. Dibandingkan dengan Galaxy S8, layar baru Note 8 menggunakan daya 2-8% lebih sedikit (tergantung kecerahan) dengan tingkat brightness/area yang sama.

Kecerahan, kontras, dan penggantian warna untuk tampilan off-angle hampir identik dengan tampilan pada Galaxy S8. Artinya, kedua layar S8 dan Note 8 cukup fantastis. Refleksi layar juga hampir sama dengan Galaxy S8, dan kedua ponsel tersebut berhasil nilai tertinggi pada uji coba DisplayMate.

Sumber DisplayMate

Post a Comment

0 Comments