Recents in Beach

PS4 Sudah Mulai bisa Memainkan Game Bajakan Lho!



Selama masa jaya beberapa generasi pertama konsol, gamer menjadi terbiasa dengan mesin mereka yang bisa menggunakan game bajakan. Konsol yang dapat memainkan game bajakan sering biasanya menjalankan kode "homebrew". Konsol yang telah dijebol sistem keamanannya ini bukan hanya bis amemainkan game kopian tapi juga bisa menjalankan aplikasi tidak resmi pihak ketiga.

Dengan munculnya game online secara massal, semua yang berbau bajakan menjadi lebih kompleks. Pembaruan firmware reguler berarti bahwa lubang keamanan dapat diperbaiki dari jarak jauh setiap kali pengguna online, membuat proses jailbreaking menjadi permainan kucing-dan-tikus dengan target yang terus-menerus bergerak.

Ditambah dengan keamanan keseluruhan yang meningkat secara besar-besaran, berarti bahwa generasi konsol saat ini sebagian besar masih bebas dari pembajakan. Tapi sepertinya secara perlahan status tersebut itu akan berubah setelah dump game PS4 yang berhasil di-decrypt mulai bertebaran di web.

Berkat rilis dari grup KOTF (Knights of the Fallen), game Grand Theft Auto V, Far Cry 4, dan Assassins Creed IV semuanya tersedia untuk diunduh dari tempat biasa. Seperti yang sudah diperkirakan, ukuran downloadnya cukup besar, GTA V filenya mencakup 90x500MB, Far Cry4 54x500MB, dan AC IV 84x250MB.


Meskipun tidak diragukan filenya besar, tapi bukan ukuran file yang akan terbukti paling menjengkelkan ketika harus membuat game-game ini dapat berjalan di PlayStation 4. KOTF menjelaskan melalui file NFO (informasi) yang disertakan dengan rilisnya. Daftar persyaratannya panjang.



Pertama, seorang gamer perlu memiliki PS4 dengan versi firmware yang sangat lama, yakni v1.76 - yang diluncurkan Agustus 2014. Fakta firmware ini diperlukan tidak mengejutkan karena berhasil dijebol sistem keamanannya pada Desember 2015.

Usia firmware menimbulkan beberapa masalah, sulit mendapatkan PS4 yang sudah begitu tua yang masih menggunakan firmware ini. Selain itu, game yang lebih baru memerlukan firmware terbaru, sehingga kebanyakan game yang dirilis selama dua atau tiga tahun terakhir tidak akan kompatibel dengan v1.76. Dari situ saja sudah bisa kebayang kumpulan game yang dapat dimainkan pasti sangat terbatas.

Akhirnya, lupakan fitur online dengan versi software lama. Sony pasti akan memburu firmware lama ini dimanapun ia berada. Dan, bagi siapa pun yang bertanya-tanya, downgrade versi firmware yang lebih tinggi ke v1.76 tidak mungkin dilakukan - atau belum.

Tapi bagi gamer yang menginginkan sedikit nostalgia dengan PS4 dengan harga murah, 'semua' yang harus mereka lakukan adalah mengumpulkan aplikasi yang diperlukan.



Meskipun ini adalah saat yang tepat untuk menjebol PS4 (yang sampai saat ini dibutuhkan ilmu sihir), batasan yang tercantum di atas membuat metode ini belum menjadi populer dalam waktu dekat. Tapi bagaimanapun segala sesuatu mungkin terjadi saat, tekad, semangat tinggi dan cukup waktu berpadu. Apalagi ada rumor yang mengatakan firmware v4.55 sudah bisa diubek-ubek, jadi hanya waktu yang akan membuktikan.

Post a Comment

0 Comments