Recents in Beach

G Suite Ganti Nama Menjadi Google Workspace, Siap Hadapi Office

 G Suite mengalami beberapa perubahan besar dengan Google mengubah nama layanannya menjadi Google Workspace. Tampaknya perubahan ini dilakukan untuk memberikan keterkaitan yang lebih dalam di antara berbagai aplikasi produktivitas Google, dan untuk menempatkannya pada posisi yang lebih baik menghadapi Microsoft Office. Dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah di tengah pandemi COVID-19, perubahan G Suite ini terjadi pada saat yang tepat.

Di luar perubahan nama dan peluncuran beberapa logo baru - terutama untuk Gmail yang membuang desain amplop lama dan menggunakan tampilan empat warna - tampaknya tidak banyak yang berubah di sini. Aplikasi Google Workspace akan tetap berfungsi seperti saat mereka secara kolektif disebut G Suite, dan sebagian besar perusahaan yang menggunakannya seharusnya dapat melanjutkan tanpa mengubah banyak hal.

Meskipun demikian, Google masih mengumumkan beberapa fitur baru yang akan diluncurkan ke pengguna Workspace dalam waktu dekat. Di Blog Google Cloud, dalam beberapa minggu mendatang, pengguna Workspace nantinya dapat membuat dan berkolaborasi pada dokumen baru dengan guest di chat room. Sekarang Anda juga dapat melihat pratinjau link yang telah ditempatkan di Google Docs, Spreadsheet, dan Slide tanpa harus membuka tab baru, dan jika Anda menyebutkan nama seseorang, secara otomatis akan memunculkan "smart chip" dengan detail kontak orang tersebut.



Salah satu fitur besar yang akan segera diluncurkan Google adalah fungsi picture-in-picture untuk aplikasi Meet di Docs, Spreadsheet, dan Slide.

Pergeseran ke branding Workspace ini juga menghadirkan penawaran baru untuk pelanggan G Suite kecil dan besar, meskipun Google tidak menjelaskan dengan tepat penawaran tersebut. Google mengatakan bahwa pelanggan G Suite Basic, Business, dan Enterprise harus melihat kiriman email yang akan datang sebelum 16 Oktober dengan detail tentang paket baru ini, dengan penggantian nama menjadi Workspace dan branding baru diluncurkan untuk semua pengguna selama beberapa minggu ke depan.

Post a Comment

0 Comments