Recents in Beach

Kosongkan Ruang Telepon Dengan WhatsApp Manager Terbaru

 


Jika percakapan WhatsApp Anda mirip dengan percakapan Facebook saya, mungkin percakapan tersebut dipenuhi dengan tumpukan GIF, gambar, dan video. Ini biasanya bukan masalah besar, karena semua konten disimpan di server di suatu tempat — tidak terlihat, tidak diingat.

Namun di WhatsApp, semua percakapan Anda disimpan di perangkat Anda. Karena WhatsApp bukan layanan berbagi pesan cloud, Anda harus memeriksa ponsel dari waktu ke waktu untuk memastikan banyak file tidak menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga.

WhatsApp membuat proses ini jauh lebih mudah dengan memperkenalkan fitur storage manager atau pengelola penyimpanan ke aplikasi, tetapi Anda harus menggunakan WhatsApp versi beta untuk mencobanya. Artinya, ini hanya benar-benar berlaku untuk pengguna Android. 


Untuk memulai, buka Google Play Store dan daftarkan diri Anda di WhatsApp beta. Anda bebas keluar dari program beta nanti jika lebih suka kembali ke aplikasi yang stabil, dan ini tidak akan memengaruhi percakapan atau setelan yang ada — kecuali jika WhatsApp benar-benar mengacaukan sesuatu di salah satu uji beta-nya. Sebelum mulai pastikan untuk mencadangkan percakapan untuk berjaga-jaga sebelum beralih dari beta kembali ke versi stabil.


Setelah terdaftar dalam versi beta, pastikan Anda menggunakan aplikasi Play Store untuk memperbarui WhatsApp ke versi aplikasi terbaru. Luncurkan WhatsApp, dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas. Dari sana, ketuk Pengaturan, lalu ketuk opsi "Penyimpanan dan penggunaan data". Terakhir, ketuk "Kelola penyimpanan".

Jika melihat bilah penyimpanan, Anda menggunakan antarmuka baru untuk fitur yang membuatnya lebih mudah untuk membersihkan penyimpanan WhatsApp daripada sebelumnya. (Jika tidak melihatnya, WhatsApp mungkin belum mengaktifkan fitur ini untuk akun beta Anda. Harap tunggu, dan periksa lagi nanti untuk melihat apakah fitur ini muncul.)


Di bawahnya, Anda akan melihat beberapa daftar tergantung pada bagaimana Anda telah menggunakan WhatsApp, termasuk percakapan (dan seberapa banyak ruang yang digunakan file di dalamnya), serta bagian yang menyoroti file yang diteruskan yang telah Anda terima, dan file besar apa pun yang berada dalam batasan 100MB aplikasi. 

Ketuk salah satu bagian ini, dan Anda akan mendapatkan daftar semua file yang berlaku. Anda dapat mengurutkan ini berdasarkan terbaru / terlama / terbesar dengan mengetuk ikon filter di kanan atas. Jika tidak, tekan lama file satu per satu untuk memilihnya (atau gunakan sakelar “Pilih semua” yang praktis), dan Anda dapat memfavoritkannya menggunakan ikon bintang kecil atau menghapusnya menggunakan tempat sampah.



Tidak ada notifikasi "tempat sampah", "baru-baru ini dihapus", atau semacamnya, jadi Anda dapat melakukannya sekali saja. Dan, tentu saja, pastikan Anda membuka aplikasi penjelajahan foto atau file Android favorit setelah selesai untuk menghapus semua salinan konten Anda sendiri yang tetap ada di ponsel.

Untuk selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan pengaturan "Media auto-download" —dapat ditemukan di bagian bawah layar Penyimpanan dan penggunaan data WhatsApp — untuk memastikan aplikasi tidak mengunduh apa pun di latar belakang dan mengisi ruang penyimpanan setiap kali teman Anda mengunggah file ke percakapan. Matikan semuanya, dan Anda akan dapat menentukan apa yang disimpan di perangkat Anda.

Post a Comment

0 Comments